Senin, 20 Februari 2012

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile


Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile


Walaupun sama-sama web browser untuk mobilephone, tapi ternyata Opera Mini dengan Opera Mobile itu, berbeda ya?! Dulu saya kira Opera Mobile sama dengan Opera Mini. Saya tahunya dari  salah seorang yang komentar di postingan saya yang berjudul Opera Mini Untuk PC. Ternyata yang saya maksud Opera Mini itu adalah Opera Mobile. Hehe.. jadi malu, karena salah ngasih informasi. :D
Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile
Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile
Biar tidak salah lagi, maka untuk kali ini saya kopi paste aja deh, dari situs opera-nya (www.opera-id.com) langsung. :)  Check it out!
Opera Mini
Opera Mini, ketika suatu halaman website dibuka sesungguhnya halaman website tersebut tidak langsung diunduh ke ponsel Anda. Tetapi halaman website tersebut diunduh dahulu oleh server Opera Mini yang berada di Norwegia dan Amerika, kemudian dimampatkan atau dikompres hingga 90% (atau lebih) baru kemudian dikirim ke ponsel Anda dalam format OPML yang hanya bisa dibaca oleh Opera Mini.
Setelah masuk ke ponsel, baru kemudian website tersebut ditampilkan di layar ponsel Anda dengan tampilan yang sama persis (atau mendekati) tampilan website ketika diakses menggunakan browser di komputer (PC/laptop).
Dengan demikian aksesnya akan cukup cepat dan jika Anda menggunakan koneksi internet berdasar kuota (perhitungan tarif koneksi internet sesuai dengan  dengan besarnya data yang dikirim/diterima) maka Opera Mini akan sangat menghemat pulsa Anda.
Opera Mobile
Opera Mobile adalah browser Opera yang bisa diinstal di ponsel dengan sistem operasi Symbian dan Windows Mobile. Opera Mobile ini mempunyai kinerja serta fungsi yang sama persis dengan browser Opera di komputer sehingga browser ini bisa menjalankan JavaScript dan bisa menampilkan website yang menggunakan AJAX dengan baik.
Ketika suatu halaman website dibuka menggunakan Opera Mobile, konten dari website tersebut  akan langsung masuk ke ponsel seperti halnya ketika kita membuka website menggunakan browser di komputer –tanpa dikompres dahulu.
Opera Mobile support dengan widget sehingga Anda bisa menginstal widget di ponsel untuk berbagai keperluan seperti RSS feed, Twitter, ramalan cuaca dan lain-lain. Setelah diinstal, Anda bisa menggunakan widget tersebut tanpa harus membuka Opera Mobile terlebih dahulu.
Nah, sekarang sudah jelas khan, perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih yang mana? Saya yakin banyak yang memilih Opera mini, karena lebih ringan dan hemat kuota bandwidth. Saya belum pernah pake Opera Mobile di ponsel, tapi kalau di PC, sudah pernah! Karena Opera Mobile bisa di gunakan pada PC. Sama seperti opera browser untuk PC, Opera Mobile juga punya fitur turbo, loh!
Oke deh, silahkan coba dan rasakan sendiri perbedaannya. :)


10 comments:

  1. Keduanya jelas beda target. Jadi kalau suruh milih ya milih sesuai kebutuhan. Jika cuman browsing dan baca2 memang mending make opmin tapi untuk adaptasi web dengan make client side tetap mending make opera mobile.uruh milih ya milih sesuai kebutuhan. Jika cuman browsing dan baca2 memang mending make opmin tapi untuk adaptasi web dengan make client side tetap mending make opera mobile.
    Balas
  2. ternyata kedua opera tersebut memiliki perbedaan,awalnya saya kira sama
    Balas
  3. Biarpun ada perbedaan tapi mempunyai kelebihan masing-masing, thanks for information.
    Salam PERSAHABATAN dan sukseok
    Balas
  4. opera Mobile lebih enak kalo buat buka web lebih rapi tapi ya itu mas boros pulsa & ram hehehe :D
    Balas
  5. Tergantung kita punya gadget yang mana mas. Kalo saya sendiri sih pake opera mini, soalnya gagdet saya cuma LG GW300. Itupun pake operator 3 dan sudah dioprek Opmin 4.2 yang bisa free. Kalo gadget-nya mahal, masa ga langganan internet yang unlimited? Kan malu sama gadgetnya. Hahaha.
    Balas
  6. hm.. saya cuma taunya sih opera mini.. boleh jadi saya juga berpendapat opera mobile dan opera mini adalah sama !
    hehe.. thanks atas penjelasannya..

    dan gambarnya (illustrasi) keren tuh.. ada chuck norris :p
    Balas
  7. saya kira keduanya sama ternyata nggak sama
    Balas
  8. terimakasih atas informasinya,,,
    Balas
  9. opramni tuk orng mis//////opramob tuk orng kay
    Balas
  10. sama sama enaknya yang penting happy, hehe
    Balas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar