Sabtu, 25 Februari 2012

pengertian jaringan LAN

Jaringan LAN – Instalasi Jaringan Komputer LAN


Pengertian Jaringan LAN

Pengertian Jaringan LAN atau Lokal Area network, seperti namanya Jaringan komputer berbasis LAN adalah terbatas pada area lokal. LAN pada awalnya dirancang untuk menghubungkan komputer ke komputer dari sebuah Departemen. Jaringan Komputer LAN, merupakan jaringan privat di dalam sebuah gedung atau berada dilokasi perkantoran, kampus dan pusat-pusat bisnis yang memiliki ukuran hanya  sampai beberapa kilometer saja. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi maupun workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk tujuan berbagi sumberdaya berasama, misalnya sharing file,
Saat  ini penggunaan teknologi jaringan LAN sudah menjadi sebuah kebutuhan di hampir setiap organisasi dan perusahaan untuk menghubungkan beberapa komputer agar memudah berbagi data dan informasi. Penggunaan Teknologi Jaringan komputer LAN akan menjadi lebih berharga jika teknologi  Wireless LAN turut  digunakan.
Kapan jaringan Komputer tidak lagi disebut jaringan LAN?  Jika 2 atau lebih jaringan komputer LANdihubungkan  bersama melalui router, ini artinya anda telah membuat sebuah internetwork seperti yang ditunjukkan pada Gambar dibawah meskipun  meskipun Anda masih memiliki dua buah jaringan LAN. 

Konsep Instalasi Jaringan LAN

Instalasi Jaringan LAN mulai muncul pada awal tahun 1970. LAN berkembang dari sebelumnya  koneksi  point-to-point dimana kawat yang terhubung pada dua sistem. Tidak masuk akal untuk membiarkan beberapa komputer berbagi kabel yang sama, namun cara mekanisme arbitrasi dibutuhkan untuk memastikan bahwa hanya satu komputer sekaligus ditransmisikan pada kabel.
Jaringan LAN berada di lapisan ke 2 pada technologi OSI. sedangkan  Router melibatkan OSI layer 3. LAN pada sisi router adalah sistem komunikasi yang berbeda berisi siaran dan skema pengalamatan mereka sendiri. Router bergabung dengan LAN dan mengirimkan paket-paket antara mereka didasarkan pada skema layer 3 Pengalamatan (misalnya IP atau IPX,) bukan pada skema pengalamatan layer 2 yang digunakan oleh LAN secara individu.
Sebenarnya, konsep Ethernet berasal dari sistem komunikasi satelit di mana banyak perangkat uplink secara bersamaan.
Metode arbitrasi yang disebut medium access controls (kontrol akses media). Beberapa metode memiliki  workstation menentukan apakah kabel digunakan. Metode lain menggunakan pusat pengontrol yang memberi  akses tiap stasiun selanjutnya.
Jaringan LAN memiliki topologi yang berbeda, dan yang paling umum di apksikan adalah konfigurasi topologi bus linear dan topologi star.
Dahulu penggunaan  kabel LAN  sangat panjang dibentangkan  melalui sebuah bangunan dari satu workstation ke workstation lainnya dengan konfigurasi topologi star, setiap workstation terhubung ke sebuah hub pusat dengan kabel sendiri-sendiri dan dapat meringkas kabel jaringan LAN. Walaupun demikian tiap-tiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar