Sabtu, 25 Februari 2012

pengertian jaringan WAN


Jaringan WAN – Pengertian WAN Dan Topologi WAN


Pengertian Jaringan WAN – Arti Wide Area Network

Jaringan WAN adalah salah satu jenis jaringan komputer terluas setelah internet. Seperti yang dijelaskan pada postingan jenis-jenis jaringan komputerarti WAN adalah Wide Area Network didefinisikan sebagai jaringan yang memiliki cakupan luas pada batasan geografis yang bisa melintasi antara benua dan negara. Pengertian WAN merujuk pada jaringan internal yang diperluas menjadi jaringan area yang luas menggunakan rangkaian privat seperti saluran T1 atau rangkaian virtual dalam cell dan jaringan packet switched seperti ATM dan frame relay. Kesimpulannya  Pengertian WANadalah link yang terpisah secara geografis menghubungkan kantor pusat ke kantor perwakilan atau remote site (di kota-kota lain atau di belahan bumi lainnya) dengan menggunakan link privat. Lihat gambar topologi WAN dibawah.
Oleh  Karena  Jaringan WAN  dibangun dan disediakan oleh Pihak ketiga dalam hal ini perusahaan penyedia layanan Telekomunikasi, ISP, yang menyediakan layanan hubungan jarak  jauh dengan leased lines (penyewaan line) pribadi, secara tradisional memiliki bandwidth rendah dan biaya relatif tinggi, dalam jaringan WAN diperlukan pemantauan yang cermat dan penyaringan lalu lintas antara situs. WAN juga dapat dibangun denan menggunakan jaringan  Internet dengan menerapkan teknologi VPN (virtual private network). Dengan VPN rangkaian swasta diemulasikan dalam bentuk terowongan terenkripsi dari satu situs ke situs lainnya.
Jaringan leased lines yang didedikasikan (circuit oriented) seperti line T1 masih umum, walaupun biayanya mahal. Kelebihan dari jaringan leased lines adalah penggunaannya yang pribadi dan tidak dapat dibagi kepada orang lain. Sebuah alternatif tersedia dengan jaringan packet-switched seperti frame relay, ATM, dan Internet.  Banyak pemakai jasa jaringan, dapat membantu menurunkan biaya.
Line Dial-up dapat menyediakan koneksi WAN secara ekonomis pada beberapa skenario. Misalnya, line dial-on-demand (sesuai permintaan) dapat digunakan untuk menyediakan bandwidth tambahan saat leased-line link WAN didedikasikan  menjadi terbebani, line ini bisa multilink.
Komunikasi Broadband dianggap memilikii tingkat transmisi yang tinggi di atas line dial-up. Sistem transmisi broadband biasanya menyediakan saluran untuk data transmisi pada arah yang berbeda dan dengan banyak pengguna yang berbeda. Sistem komunikasi broadband anda dapat membacanya pada artikel: Internet Broadband :: Pengertian Dan Jenis-Jenis Koneksi Internet Broadband

Layanan Jaringan WAN

Ada banyak penerapan teknologi jaringan WAN pada layanan WAN oleh ISP atau jasa layanan koneksi WAN yaitu sebagai berikut
  • ISDN (Integrated Services Digital Network) layanan beroperasi pada saluran data 64-Kbit/sec atau 128-Kbit/sec. Tingkat utama ISDN menyediakan bandwidth tambahan dalam kelipatan 64 Kbits/sec.
  • X.25  packet-switching protocol yang dulu digunakan dengan bandwidth yang sangat rendah.  dispesifikasikan oleh ITU-T – yaitu sebuah  teknologi  jaringan WAN paket switching melalui jaringan PSTN. X.25
  • ATM (Asynchronous Transfer Mode)  cell-switched  untuk-setiap layanan virtual circuit. ATM adalah salah satu  teknologi jaringan WAN dengan memiliki bandwith  tinggi dengan menggunakan paket switched system dari kecepatan 155 Mbps-s.d 622 Mbps, dapat mentransmisikan data secara bersamaan, voice yang digitize &  sinyal digitize video melalui kedua jaringan LAN dan WAN.
  • Frame relay layanan berbasis frame -untuk-setiap virtual sirkuit. Frame relay adalah salah satu teknologi jaringan WAN dalam paket switching – suatu komunikasi WAN melalui line digital berkualitas tinggi.
  • Leased line merupakan  jenis dedicated dalam teknologi  jaringan WAN,  menggunakan suatu koneksi langsung yang bersifat menetap  antara peralatan  yang berkomunikasi dan memberik  suatu koneksi stabil  dengan  QoS (qualitas layanan koneksi), namunbiaya  leased line  lebih mahal ketimbang  dengan sambungan dial on demand( sambungan sesuai) PSTN.
  • DSL (Digital Subscriber Line) A sirkuit berorientasi layanan berkecepatan tinggi yang berjalan atas loop lokal. Baca Teknologi DSL

Topologi WAN

Hal pertama yang harus dilakukan ketika merancang jaringan WAN adalah memetakan topologi WANdan desain jenis koneksi yang akan digunakan. WAN harus berorientasi jaringan  (ISDN, T1, dan sebagainya) atau dibangun di seluruh jaringan publik packet-switched (frame relay, ATM, Internet).
Membuat Jaringan WAN privat lebih mahal untuk daripada packet-switch WAN, tetapi memberikan privasi penuh dan bandwidth berdedikasi. Dalam beberapa kasus, jaringan leased lines berdedikasi adalah satu-satunya cara untuk memperoleh layanan berdedikasi dan kebutuhan bandwidth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar