Minggu, 19 Februari 2012

Micosoft Access

Tutorial Microsoft Access – Modul TIK




Micosoft Access merupakan software yang dikeluarkan oleh microsoft untuk membuat aplikasi database. Sofware ini cocok untuk kalangan industri kecil atau rumah tangga, karena kapasitas datanya yang mencapai 4 GB. Untuk membuat aplikasi dengan Microsoft Access tidaklah sulit, karena tampilan software yang cukup user friendly seperti aplikasi office lainnya. Dari beberapa versi yang sudah ada, menurut saya versi 2002/XP merupakan versi yang cukup tangguh atau bandel, disusul versi 2007, versi 2000 dan versi 2003.
Kapasitas 4 GB menurut saya sudah cukup untuk digunakan membuat aplikasi-aplikasi yang smart, cepat dan tangguh.Pada posting kali ini, saya akan memberikan tutorial berupa modul yang dapat Anda download secara gratis tentang cara-cara dan latihan pembuatan aplikasi database sederhana menggunakan Microsoft Acces XP.
Modul-modul yang dapat Anda download diantaranya:
  • Pengantar Database
  • Pembuatan Tabel
  • Pembuatan Form
  • Membuatan Query
  • Macro dan lain-lain
Modul cocok untuk pengajaran TIK/komputer untuk tingkat SMP atau SMA. Klik disini untuk mendownlad atau ikuti link ini.

85 Responses to Tutorial Microsoft Access – Modul TIK

  1. dont ask my name says:
    keren…..sangat berguna bagi pendidikan.berguna untuk masa depan Indonesia
  2. Budyo Leksono says:
    yang seperti ini pantes disebut bapak guru pembangun pendidikan Indonesia. Perkaya dan perdalam terus materi-materi bermutunya. anak-anak saya sangat menikmati karya bapak, terima kasih
  3. istiyanto says:
    @Budyo Leksono: Terima kasih Pak atas komentarnya. Saya tetap akan terus berusaha memberikan tutorial2 yang bisa berguna bagi orang lain, karena itu merupakan visi misi hidup saya
  4. sambada says:
    WAW…. jan apik tenan… tak sinaune mas….. aku rung dhong bahasa-bahasa koyo ngono kui mau……. mugo-mugo lantaran modul iki aku dadi iso Maju.. matur nuwun buanget Mas…. btw …. tutorial acces tabel modul 4 ra iso dibukak….. Matur nuwun Lho Mas….
  5. istiyanto says:
    @sambada:terima kasih mas atas kunjungannya di blog ini, semoga ke depan konten-kontennya lebih lengkap dan menarik, untuk tabel modul 4, saya akan perbaiki
  6. rons says:
    well done.thx, i am blessed.
  7. yzr says:
    Bung Istiyanto, dalam modul pertemuan 3 anda mengcopy-paste tulisan Sdr. Agus Haryanto di http://www.ilmukomputer.com dengan judul “Membuat Aplikasi Sederhana dengan Microsoft Access” Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com. Bukankah seharusnya anda mencantumkan sumber referensi anda?
  8. istiyanto says:
    Mohon maaf, saya mengambil data itu dari buku karangan Erhans. Silahkan dicek di buku tersebut. Dan bagian yang sama memang pada tabelnya.
    Mohon maaf bila tidak berkenan. Tetapi saran Anda bagus.Akan saya cantumkan sumber dari modul tersebut jika memang pembuat aslinya.
  9. Sirius Jack says:
    Saya akan memasukkan situs ini dalam bookmarks browser saya….
    thanks a lot….
    Sirius Jacks last blog post..Memori: Lumajang, Prolinggo, Situbondo, Bondowoso
  10. Sirius Jack says:
    Saya akan memasukkan situs ini dalam bookmarks browser saya….
    thanks a lot….
  11. Ex Jb 06 says:
    pak matur nuwun.saking mantan muridmu sing paling ganteng.
  12. siswanto says:
    Terima kasih Bro. Semoga Keberkahan dan Keselamatan kepada saudara yang telah mempersembahkan dan mengamalkan ilmunya
  13. d hidayat says:
    Makasih yah modulnya, moga Keberkahan dan Keselamatan senanatiasa menyertai anda, yang telah mempersembahkan dan mengamalkan ilmunya
  14. Tandre says:
    saya pmula untuk m. access. Saya ingin membuat program sederhana untuk cicilan barang yang secara otomatis bisa mendisplai tanggal-tanggal , jumlah cicilan yang seharusnya dibayar sampai batas waktu yang telah ditentukan, dengan pola bayar per bulan atau lebih. Misalnya, tv dengan cicilan 10 kali angsuran dan 100 rb per bulan. Nah apakah di m. access bisa didapatkan draft cicilan selama 10 bulan penuh dengan jumlah yang telah disetorkan dan sisa cicilan, sesuai bulan cicilan mendatang sampai habis masa cicilannya. Dengan catatan tanpa harus menginput jumlah setoran dan tanggalnya. maksudnya secara otomatis begitu saya menginput jangka setoran 10 kali, pembayaran tiap tanggal 5, besar cicilan 1000000 barangnya apa, bisa langsung didisplai atau diprint draftnya.
    mudah-mudahnya saya bisa mendapat contohnya macro atau bahasa basicnya.
    atas bantuannya diucapkan terima kasih berat.
    DeIndra2008@yahoo.com
  15. ade says:
    sangat berguna untuk ke depannya buat kita semua..
    trims
  16. Pak Tua says:
    blog ini sangat membantu saya dalam mempelajari office, terutama access
    :)
    an extraordinary blog, great job
    regard
  17. sani says:
    thank atas infonx, blog ini sangat membantu sy dalam memberi masukan guna mempelancar pekerjaan saya
  18. Rivan says:
    salam kenal Pak Guru,
    Saya alumni kolese, numpang download.
    Terima kasih.
  19. riki says:
    mau nanya microsoft access
    saya pake paste esspand ke tabel utk mindah data kopian dari excel ke tabel access
    tp knapa kok tidak semua data mau masuk?
    ada tulisan data terlalu banyak dan kemudian dipindah ke tabel tersendiri yaitu tabel error paste
    saya memakai microsoft access 2003
    terima kasih.
  20. Willy says:
    pak, ku minta tutorial microsoft access 2007 yang berbahasa indonesianya,,,
    kirim ke email ku,yaaaa…
    penting buat tugas
    willy.setiadi@gmail.com
  21. ghufron says:
    minta tolong kirimkan tutorial flash keemail ku ya om, thanks
  22. PADMA says:
    TOLONG DIBERI PETUNJUK UNTUK MENBUAT OUTSTANDING PAYMENT
  23. Adi says:
    Dear Mas Isiyanto,
    Mas saya bisa minta tutorial mengoperasikan access klo ada yang ada flashnya biar bisa belajar secara visual juga….
    maklum mas saya blum bisa..
    Thanks yah mas..
  24. Fuad Muftie says:
    Matur thank you, saya lagi belajar ms access, sangat membantu
  25. kanyut08 says:
    WAH, maz makasih banget nich tutorial berguna banget, and gratis pula, maju terus maz TIK Indonesia
  26. istiyanto says:
    @kanyut:sama-sama mas, semoga berguna bagi kita semua
  27. Agus says:
    Thnks ya…lagi belajar acces nih…Ayo yang lain ikuti jejak aku…download ilmu yang bermanfaat ini…!!
  28. tatik.kurnia ningsih says:
    minta modul ms acces untuk smk thanks
  29. addiehf says:
    ijin sedot mas :D
  30. kd says:
    Terima kasih atas semua upaya Mas Istiyanto. Com. Saya sangat terbantu lo
  31. ryan says:
    thank’s y bro”’
    coba acces buat bussines jd para siswa bisa belajar n siap buat kerja…
    Good luck n god bless u….
  32. ahmad says:
    ass…
    suwun yoooo mas
    aku bisa buat program acces moga berkah….
    tapi aku pengin aplikasi yang bisa di instal gimana caranya…
    tanks…
    wasss
  33. mr.s says:
    trime kasih . bagus ngga’ …………..???????
  34. alif says:
    pak… ada tutorial belajar linux?
    saya baru download portabel ubuntu,tp g bisa cara pake nya?main k dlm DOS nya,pokek’e semua nya deh,g ngerti semua,,mklum baru mo bljar merangkak k dlm LINUX ne..
    thanks..
  35. Indrazyt says:
    Terimakasih sekali atas sharing-nya,sangat berguna sekali untuk saya.Semoga modulnya ditambahin lagi y mas,soalnya kan ilmu tidak berhenti disana…,ditunggu y !!!!!!!!!!
  36. boypeace says:
    Link downloadnya mati…
    Sudah enggak bisa di download
  37. pradana putra says:
    Matur thank you, mas, minta tolong gimana cara membuka file pdf dengan ms word ?, trims
  38. yiyip says:
    minta yang anyak dong……….. tutorianya cz adalah orang yang paling haus dengan ilmu
  39. Ki Landung says:
    Trims, mas… modulnya bagus sekali, akan saya coba pelajari mudah2an saya bisa menerapkanya. Tapi untuk pemula saya masih rada bingung. Kalo ada yang lebih detail lagi mohon di upload ya mas…, Thank’s a lot.
  40. sugiyato says:
    saya menggunakan Acces 2003 dalam membuat aplikasi, setelah di sharing dengan menggunakan windows XP SP2 dengan menggunakan Hub hanya bisa di buka 10 komputer/lap top, bagaimana cara meningkatkan kapasitas acces tersebut?
  41. David richardo says:
    saya belum pernah menggunakan microsoft accses 2003, tolong diberikan dasar untuk menggunakan aplikasinya?
  42. teguh says:
    Mathur nuhun mas….moga bermanfaat yack…..
  43. aam says:
    trimakasih atasinfonya
  44. rully says:
    terima kasih modul2nya, sangat bermanfaat mas
  45. prast says:
    terima kasih…
    kalau bisa semua office dibuatkan modulnya…
  46. Eka says:
    Thank’s mas atas modulnya
  47. lyna riyanto says:
    Terima kasih
    Sangat berguna untuk saya yg ingin belajar ttg access
    Mohon ijin mendownload ya Mas
    Semoga jadi amal ibadah untuk Mas Istiyanto
    :)
  48. sudarmadji says:
    semoga mas Istiyanto senantiasa selalu diberi kesehatan dan keselamatan serta mendapat berkah dan balasan Allah swt dan diberi panjang umur karena saya masih memerlukan ilmu-ilmu yang seperti ini Amiiin.
  49. bagus says:
    thank yo mas.. modul2nya banyak sekali manfaatnya… smoga tetap trus berkarya…
  50. mar-nie says:
    kakak2… abang2…
    bisa gak tolong kirimkan file modul MS. access 2007 ke E-mail ini….
    tolong yuah….. pliZzZzZz,,,,,,
  51. roni says:
    makasih bos, buat tutorialnya
  52. darx77 says:
    Thankx ya brow..
  53. Pakde karyo says:
    thanks pak, artikelnya sangat membantu untuk belajar saya…
  54. wahyu aji says:
    matur nuwun mas….. tetap semangat ! GBU!
  55. wahyu aji says:
    sing program Ms Acces 2007 wis ono durung ya mas? aku rada kesulitan je?
  56. bobby says:
    tengkiu infonya Bos…sangat berguna untuk lebih mempertajam skill sy yg emang suka bermain2 dg ms access
  57. soumboy says:
    makasih infonya gan…
    ane sekrang agk maju(menguasai) dengan bantuan artikel ente…
    n’, bleh gk q backlink???
    GO FREEDOM..!!
  58. zana says:
    boleh minta dikirimin tutorial akses 2003 yg versi indonesia ga??
  59. Eka says:
    Thanks ya Pak, tutorialnyca bagus, tp karena gak pakai bhs indo, jadi gak semua bs dipahami
  60. ronal says:
    met sore mas…mf numpang coret2,,,,mas boleh minta tutorial mc.acces yang 2007 dan open office.org gk mas…maklum baru belajar neh..kirim ke email qu ya mas,,,ronal_izzy@rocketmail.com…tks sblumnya….
  61. eko says:
    thanks banget untuk tutorialnya ya…
    //
    //
    //
    //
  62. Dhimas says:
    Belajar MS Access bisa dilakukan sendiri, tapi jika ingin cepat menguasai dan mendapat petunjuk profesional yang menggunakan MS Access, bisa ikut training yang diadakan Rumah Access.
    Lihat info di http://www.rumahaccess.com
    Semoga sukses.
  63. PUTU ARY SURYAPERMANA says:
    THANKS YA…  UNTUK MODUL MS ACCESS NYA
  64. sunu says:
    makasih dab…
    saya baru cari ini tuk mengajar di tempat sy
    sekali lagi matur thank yu
  65. Heru Susanto says:
    Terima KAsih atas Ilmunya
    semoga menjadi amalan yg mengalir dan bermanfaat

  66. Budiman says:
    matur suwun mas… semoga berguna.
    semoga ini menjadi amal jariah (ilmu yg bermanfaat). Amin.
  67. davit says:
    Bapak.. saya minta tolong bantu kirimkan ke saya tutorial belajar access 2007 ke email saya ya pa.. sebab saya coba download tapi tidak bisa dibuka juga di komputer saya. urgent sekali pak. makasih.
  68. Henry says:
    terima kasih banyak ya bang untuk modul2 nya.saya sekarang lagi belajar buat program mini untuk registrasi pasien di puskesmas tempat saya bekerja. programnya sudah 50% sampai di pembuatan form..tapi saya mau buat query pada form yang mengahsilkan report misalnya untuk jumlah pasien per bulan berdasarkan diagnosa,atau berdasarkan cara pembayaran..tapi tidak tau caranya..
    gini mas saya mau nge print report kunjungan pasien untuk bulan mei saja. nah kita tinggal buat tombolnya atw tex box nya dari tanggal 1 mei 2011 sampai 31 mei 2011.
    mohon buat mas mas semua bimbingannya
  69. robby says:
    terima kasih pak ilmumnya yang sangat berguna,
    n mohon ijin untuk menggunakannya
  70. istiyanto says:
    @robyy:silakan mas roby .. tks atas kunjungannya
  71. tarmono says:
    terima kasih mas yanto smoga jadi amal, mohon izin download file-nya
  72. santi says:
    Izin unduh Pak.. terima kasih banyak..
  73. istiyanto says:
    @santi:silakan bu …
  74. aku says:
    Thank You Bozz
  75. abu_alfan says:
    Numpang sedot materinya pa…saya pemula di dunia blogger mohon bimbingannya. Terima kasih.
  76. abu_alfan says:
    Numpang sedot materinya pa…saya pemula di dunia blogger mohon bimbingannya. Terima kasih.
  77. Mario says:
    Ijin nyedot om…..
    mau blajar access neh tp bingung mau bikin program untuk report stock barang
    mohon pencerahannya
    mario.hendra@gmail.com
  78. suwito says:
    pak guru klo boleh minta yang ms access 2007 ada ga soale agak bingung makenya tolong kirimannya di emailku ditunggu maturnuwun…..
  79. febrilabont says:
    thanks pak, saya akan pelajari datanya…
  80. febrilabont says:
    thanks, izin download
  81. eka ardi says:
    numpang download bos..
  82. sindy says:
    ga pahammmm sm tutoriiialll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar