Minggu, 19 Februari 2012

Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA

Home > Internet > Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA

Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA

April 5th, 2011 by admin | Filed under Internet.
Pernah tidak anda mengalami problem bahwa meskipun sudah berada di area sinyal 3G/HSDPA/WCDMA, terkadang Modem yang digunakan masih saja mendapatkan sinyal yang selalu tidak stabil, dalam hal ini terkadang yang tadinya koneksi modem sudah mendapatkan sinyal 3G atau HSDPA, lama kelamaan menurun atau berubah menjadi sinyal EDGE saja.
Hal ini sebenarnya terjadi dikarenakan modem yang digunakan sifatnya hanya mencari sinyal yang paling kuat saja, jadi kalau modem anda merasa sinyal 3G yang diterima lebih sedikit ketimbang sinyal EDGE, maka sinyal EDGE lah dipilihnya. Tidak mengenai anda mau menggunakan layanan Broadband Internet Unlimited Indosat, Telkomsel Flash Unlimited, XL Unlimited, Internet Unlimited Smart, AXIS Internet Unlimited ataupun layanan lainnya tetap sama saja.
Sebagai perbandingan, Koneksi Internet akan lebih cepat meskipun anda memperoleh setengah sinyal 3G/HSDPA/WCDMA ketimbang memperoleh sinyal Full EDGE. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu di lakukan ialah memaksa sedikit modem agar mengabaikan sinyal EDGE dan terus mengambil sinyal 3G/HSDPA/WCDMA. Caranya pun sangat simple yaitu:
1. Pada aplikasi modem, Klik menu Tools lalu pilih Options
2. Pada halaman Form Options, Pilih Network

3. Ubah pada bagian Network Type menjadi 3G only atau HSDPA only atu WCDMA only lalu klik tombol OK untuk menyimpan. “Untuk pilihan setting ini tergantung dari ketersediaan modem yang anda gunakan. Sebagai contoh untuk modem saya yaitu di set ke WCDMA only”.

Keterangan:
Setting pada modem diatas mungkin saja berbeda dengan setting modem lain. jadi silahkan sesuaikan saja cara setting tergantung dari jenis modem masing-masing.
Setelah mengubah setting seperti diatas, coba lihat perbedaan sinyal dari sebelumnya. Kalau saya sendiri sekarang selalu mendapatkan sinyal HSDPA atau kalau tidak WCDMA dan tidak pernah lagi berubah menjadi EDGE ataupun lebih rendah.
Ok semoga dengan tutorial cara melakukan setting agar modem tetap bisa mendapatkan sinyal 3G, HSDPA atau WCDMA ini bisa bermanfaat dan semoga pula bisa menjawab pertanyaan dari komentar pengunjung blog ini di Cara Setting APN Three (3) Internet Unlimited (GPRS/3G/HSDPA).
Baca Juga:

55 Comments to “Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA”

  1. bagamana kalau sangat sulit sekalih nyari sinyal 3gnyaaaa
  2. sandi says:
    pilihan sinyalnya gak bisa diganti ganti gan.
    gimana ni.
    mohon pencerahannya.
    • admin says:
      Hemm, kalau sobat bisa mencerna kalimat dari artikel diatas saya rasa pasti mengerti maksudnya.
      Intinya artkel ini membahas bagaimana agar sinyal 3G yang diterima itu tetap stabil dan tidak berubah2 dari yang sebelumnya sinyal yang diperoleh 3G/HSDPA/WCDMA berubah menjadi EDGE
      Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa sistem modem itu hanya mencari sinyal yang lebih kuat saja yang artian meskiput ada sinya 3G tetapi yang diperoleh 50% dan sinyal EDGE 100%, yah modem milihnya sinyal EDGE bukan 3G.
  3. adhitya says:
    gan knpa udah di lakuan seperti yg di contohkan di atas masih aja tetep tidak stabil sinyalnya???mohon bantuannya
  4. willy says:
    bung,gimana mengubah SINYAL GPRS T-SEL menjadi EDGE/WCDMA
  5. zack says:
    jawaban buat yang atas gw :
    di daerah lu udah ada sinyal 3g blm??
    jadi klw pun udah diseting ke 3g nggk bkl bisa, klw daerah lu blm
    ada sinyal 3g…
  6. gan, gua mu tnya nie,
    modem gua dh HSDPA sinyal 1 kceptan 300-450kbps emng gk da msalah sih, tpi ps msuk blan agustus ni, HSDPA kya yg EDGE, yg tdinya biasa 3hri on dwnld ampe 8GB bru d.matin,
    ni mlah 1hri dh disconek sndri, dh d.coba sgala tips pke kleng, panci, antena YAGI emangsih sinyalnya naik tpi gk ngaruh sma kcptannya mlah 150kbps, mlah nurun,
    jdi hrus gmna yh??………
    thanks ats sharing.y
    tmbhn buat comen yg d.atas.
    1. kamu cari tau dulu d.daerah kamu dh suport 3G blum
    2. tmbahan buat forum.y
    sblum kita klik tool,option sbnarnya ada 1 lngkh yg trlewat,
    setting apn HSDPA dlu,
    3.setelah seting selesai bru msul tool>plih 1 d.antra 4, cuz conekin buka crom/mozila, klo blum hsdpa diskonekkin, anda ulang ampe k.4kya only k.coba smua.
    klo hsdpa sukses
    mau sert d.goggle bru nulis blum d.enter/d.klik, ling yg kmu cri otomtis kluar sndri.
    yg bisa mcahin msalah gua d.atas tlong bntu yh …
    qlo ada apa2 k.fb gua ja
    sert “user name” d.atas
  7. corry2 kta2.y kpanjangn kya buat cerpen aja.
    heheheheheh.
  8. kiki says:
    tetep EDGE,, gimana ni..
    • mang lu pke oprator apa??
      klo gua pke oprtor 3, dh mantep bngt
      gua memaanfaatkan fasilitas yg sdh ada
      klo mau gnti stingn, tool>option>profil mnagmen> bwt profil bru, profile name bebas, isi acses nmer *99# yg lain gk ush d.isi.
      cra sting.y emng hrus pke emosi dkit sih hrus grak cpat, tpi klo sukses, speedy jga klah 100% work
      skur2 pda gk bis, coz klo bnyk yg hsdpa oprtor 3 mkin ktat scuritynya, nti mkin ssh hsdpa donk
      wkwkwkkwk
      juz_kdding
      met brpusing2 mania
  9. Charles says:
    punya gw ga bisa ubah setting nya
    • achmad says:
      Coba di cari2 aja settingnya, tiap modem emang agak beda settingannya (tergantung jenis modem) ada serupa tetapi tidak sama atau sebaliknya dan ada juga yang emang sama sekali tidak serupa dan tidak sama, heheh
  10. tiok says:
    yg gk bisa diubah, coba di disconnect dulu..baru diubah.. :) biasanya saya jg kelupaan..
  11. Anonymous says:
    gan ada ga sofware yg buat koneksi stabil?.. punya gw dah diatur HSDPA..gw pake buat maen game DOTA, ping gw ga stabil sekarang.. padahal dulu stabil gan selalu HSDPA,sekarang sering turun jadi 3G doank.. alhasil ping game naek dan gw DC dah.. abis ID gw kena band.. TQ
  12. gan kok di ane gk ada yg di gambar. pas di option -> network -> tapi gk ada HSDPA only.. adanya tulisan :
    - enable national roaming
    - enable international roaming
    mohon bales secepatnya ya ^^
  13. Anjas says:
    Tq Gan Atas pemberitahuan u tq
  14. finet says:
    makasih ilmux,,, hampir sajja modem ini dibanting gara2 loadingx kura2… sekarang udah laju sangat…
  15. adit says:
    wah ane make modem yang sama neh gan (smartbro), n ane dapet sinyal HSDPA sepanjang hari n mlm,, pake kartu 3 jg,,
    kcptn download klu pake IDM bisa mencapai 200kbps lbh gan,,,
  16. abhie says:
    boleh tanya ga,modem ku mereknya vodapone, eh kemaren waktu latop ku di perbaiki kok cuma kartu xl aja yang bisa masuk ke modemnya, kartu laen ga bisa. gmna cara memperbaikinya sieh, makasih
  17. dhika says:
    ya , saya telah mencobanya , tetpai, setelah dapat singnal hsdpa, maau browsing tidak bisa, gimana bosss, solusinya
  18. Anonymous says:
    harusnya tu judul diatas ditambahin khusus untuk mobile partner donx…
  19. zacky says:
    harusnya tu judul diatas ditambahin khusus untuk mobile partner donx…
  20. tatar_adi says:
    Makasih ya, atas ilmunya…
  21. Wartabeta says:
    punya saya sering hanya default, lainnya gak ada….!!
    jadinya gk bisa di rubah rubah….
  22. Vhy says:
    wlaupun udah di rubah settingannya jd HSDPA tp ga ada sinyalnya… saya tinggal di bandung.. tolong bntuannya..thanks
  23. ferdi says:
    emhhhh,,, cdma ama gsm lbih bagus mna ea?
  24. maswita says:
    Thanks bro , ntr aku coba…monggo mampir di page ku…
  25. Rosyid says:
    Gan, network setting ku gak da yg wcdma/hsdpa, adanya automatic, umts only, sama gsm only. Lha trus gimana gan ?
  26. zadiex says:
    gan tiap ganti wcdma only sinyal hilang,, t4 ane sudah ada jaringan 3g.. ??
  27. Anonymous says:
    gk bisa di ubah dari EDGE ke HSDPA gman gan.?
  28. abah says:
    udah HSDPA gan ,tapi speednya tetap aja seperti EDGE
  29. sudjana says:
    gan tlg bagaimana ini modem sy(flash)klu dapat sinyal
    HSDPA terus tdk ada signal langsung drop
  30. jaka says:
    siip…. sangat bermanfaat apa yg ada disini…
    thanks yg banyak ya…
    semoga blog ini tambah semakin sukses aja.
  31. Sarwaidi says:
    Gan,daerh ku da 3G tp dimodem cuma dpet edge,sy pgin ubh ke wcdma tp ktnya blm dftar,prtyaanya gmn cr dftrnya gan, kartu telkomsel flash unlimited, lemot kali tu jaringan,muak kt tgu sllu gagal conet
    • ione says:
      klau sdh ada 3Gx indonesia pasti bisa ! tergantung settingan modemx bos. jgn dibuat otomatis sprti yg dibilang empux share ini. seting secara manual, tiap merk modem tampilanx beda2. yg jelas 3g g lari dari UMTS/HSDPA
      disini pake telkomsel nyoba IDM 100kbps, XL hampir sama, indosat (burem) 3 & Internetan utk Rakyat (AXIS) belum pernah nyoba.
      • Vansa says:
        Gan sya make modem Prolink
        nah dah sya seting UMTS/HSDPA.
        nah awal” memang dapet Sygnal HSDPA cmn 10 menit kemudian balik UMTS dah 3 hari kyk gini , biasanya dapet HSDPA terus
        Mohon Pecenrahanya Trimakasih :D
  32. terimakasih mas.. sudah saya laksanakan.. ternyata benar sinyalnya tetap josssss…
  33. tika aprilia says:
    mass gk bisa tuhh ,, gimana donk …
  34. ujho says:
    mohon bimbinganya gan…..
    modem ane huawei gsm advance…
    lmot beud ud gonta ganti karu kluarga tetep z hsilna cuma emosi z….tool option jg ud ane ganti network manual koneksi register n sukses….v g ngaruh…koneksi 3G aktif n ada sinyalna ada di tempat ane … masalahna apa ya gan ….
    mohon sodakoh ilmuna gan ke ane …
    thanx gan ….
  35. Gifar says:
    Thanks bro…..
  36. sargon says:
    mas brow..
    yg pling berpengaruh itu modem, kartu, taw tempat_y sich…?
    • Achma says:
      Banyak faktor, diantaranya:
      Kuota/Kecepatan akses yang diberikan layanan Operator yang di pake.
      Sinyal sangat menentukan, kalau anda akses internet dengan koneksi GPRS/EDGE, dijamin meskipun kuota/kecepatan akses yang diberikan tinggi, tetap akan lambat, malalahnya transfer datanya sangat minim, berbeda kalau menggunakan teknologi 3G/EDGE/LTE, dijamin kecepatannya wuess. meskipun kuota dah habis keceptan tidak begitu lelet
      Pokoknya masih banyak lagi, kalau ada yang mau nambahin, monggoooo..!
  37. kalau menurut saya ,saya menggunakan modem huawei e153 koneksi lumayan bagus menggunakan axis exis unlimited
  38. tarara says:
    punya saya dari sononya udah WCDMA saja, tapi kok tetep lemot banget? saya pake telkomsel flash unlimited, pas di pengaturan jaringan, pilihan jaringannya kok gak bisa diklik/diubah ya?
  39. yg pd pusing dgn sinyal udah dcoba pake antena penguat yg eksternal bwt modem blm sih? coba pake yg model yagi
  40. Anton says:
    hmmm , setiap kali saya mau akses ke internet saya selalu mencari tempat sinyal yang kuat ,, untuk itu ,,saya minta Bagaimana cara settingan 3G untuk modem dan komputer agar cepat terakses ke iternet,,, TOLONG INFORMASINYA YANG JELAS . TRIMAKASIH!
  41. Anton says:
    SETTINGAN 3G UNTUK KOMPUTER DAN MODEM TELKOMSEL FLASH AGAR CEPAT TERAKSES KE INTERNET TANPA PERLU DENGAN SINYAL YANG KUAT,,
  42. Schiffer says:
    Modemq Huawei E153, tiap dirubah ke WCDMA only sinyal lngsung hilang, pdahal seminggu yg lalu bisa,oh ya gw pke kartu 3, gmna nih tolongin dong
    • Achma says:
      Itu karena anda dalam lokasi yang memang sulit sekali sinyal 3G nya, (Bedakan sinyak 3g Ga ada sama sekali atau Ada namun lemah)
  43. punkres says:
    thx gan ilmunya :D
  44. Vansa says:
    Gan .. sya kan make modem Prolink,
    nah di Optionsnya Sya pilih UMTS/HSPDA Only .
    Pertama Connect sih memang dapat signyal HSDPA tapi 10 mnt kemudian kembali ke UMTS .
    mohon pencerahanya gan tq tq
    • admin says:
      hemm seusuai dengan settinggan modem agan, UMTS/HSDPA itu berarti settingannya kalau bukan sinyal HSDPA yang ketangkep yah UMTS,
  45. Myth says:
    Min.. gmn aga rame ya akhir” ni dimari?
    Ane yg sebarin link ini ke temen2.. ane jg ada masalah ama UI nya..
    network type/ ga bisa di ganti2. Mohon pencerahnya/cara gantinya.. soalnya pilihannya roaming bukan network type..

Leave a Reply






1 komentar:

  1. gan, ane pke huawei e153, jaringan full bar WCDMA, tp knp ko g bs konek ke intrnet? apa lantaran modemx?
    note: edge bisa dikonek

    BalasHapus